Header Ads

  • Info Terkini

    Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Rematik Itu Menghampiriku

    Sobat sehat ala selebritis, mungkin diantara ada yang mengalami gangguan pada persendian. Rasa ngilu pada otot membuat aktivitas saya terganggu. Rematik, begitulah orang-orang disekitar saya menamainya.
    Rematik menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, maklum saja meskipun rematik bukanlah penyakit yang mematikan tapi menakutkan karena sangat mengganggu pergerakan tubuh.
    Penderita rematik seringkali bekerja lebih lambat jika kondisi tubuh sedang fit meskipun rematik bersifat temporal.

    Apakah Rematik Itu

    Rematik adalah penyakit yang paling banyak di derita di negara berkembang. Rematik adalah penyakit yang menyerang persendiaan tubuh, dalam istilah lain penyakit autoimun. Jika seseorang terkena rematik maka akan mengalami gangguan peradangan pada sendi.
    Umumnya, kita hanya mengetahui Rematik itu hanya satu jenis saja : sakit sendi.

    Jenis-jenis Rematik

    Berikut adalah jenis-jenis remaik berdasarkan persendiaan yang di serang terbagi ke dalam beberapa jenis antaralain :
    1. Osteoartritis
    Jenis penyakit rematik yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tulang rawan adalah osteoartritis. Jenis rematik ini berdampak pada nyerinya persendian dengan ciri rasa sakit jika berjalan maupun saat di sentuh.
    2. Sindrom Sjogren
    Meskipun tidak diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya namun sindrom sjogren ini lebih banyak menyerang pada wanita. Dugaan saya itu terjadi karena wanita memiliki siklus bulanan yang menyebabkan berkurangnya kerja kekebalan tubuh. Salah satu gejala yang mudah di deteksi adalah mata perih dan teriritasi.

    Gejala Penderita Rematik

    Oleh karena rematik itu penyakit yang familiar, dengan mudah pula bisa mengetahui gejala penyakit rematik, seperti berikut dibawah ini :
    1. Persendiaan akan membengkak.
    2. Mudah terkena kesemutan.
    3. Kulit mengalami warna merah.
    4. Jari tangan akan mengalami kaku pada kondisi dingin.
    5. Penderita rematik akan cepat mengalami kondisi tubuh lelah.
    6. Pada malam hari, tulang akan mengalami rasa nyeri.

    Penyebab Penyakit Rematik

    Sebetulnya, tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan penyakit rematik. Di duga rematik itu berkaitan dengan genetikal. Saya sendiri tidak meyakini 100%, karena persendian atau tulang berkaitan dengan resistensi makanan yang dikonsumsi. 
    Di masyarakat umum, mandi di tengah malam bisa menyebabkan penyakit rematik, fakta atau mitos?. Mandi di tengah malam sebaiknya memang tidak di lakukan karena tengah malam merupakan cuaca ekstrim bagi kondisi tubuh. Pertentatangan suhu luar dengan kondisi tubuh memicu kerentanan imun tubuh.

    Pengobatan Rematik

    Meskipun rematik bukanlah penyakit yang membunuh namun bila di biarkan akan menyebabkan rasa sakit dan terganggunya aktivitas. Bila merasa terjadi gejala yang sama dengan gejala-gejala yang tersebut di atas sebaiknya segera konsultasi dengan dokter terdekat. Jangan biarkan rematik menurunkan produktivitas kerja anda.




    No comments