Header Ads

  • Info Terkini

    3 Penyakit Kekinian Yang Di Derita Dari Sabang Sampai Merauke

    Penyakit
    Getty Image
    Dari Sabang sampai Merauke, mungkin kalimat tersebut cocok untuk menggambarkan bahwasanya di zaman sekarang penyebaran penyakit sudah merata dari kota sampai ujung pelosok desa. Dulu, penyakit itu hanya ada di wilayah perkotaan saja tapi sekarang sudah sampai ujung pelosok desa.
    Ada pertanyaan yang cukup menggelitik hati kita semua, mengapa penyebaran penyakit merata dari kota sampai desa, dari orang kaya sampai orang miskin? Eng ing eng, mumet ya. Santai sob mari kita analis berdasarkan pengalaman di masyarakat saja bukan berdasarkan riset, kalau riset ya butuh dana besar. Meskipun ini bukan tentang riset tapi rasanya cukup membantu untuk memahami betapa rentannya kita terkena penyakit.
    Sobat sehat ala selebritis, berikut ini merupakan daftar penyakit yang sudah menjalar dari kota sampai ujung desa yaitu :
    1. Stroke. 
    Stroke bukanlah penyakit yang menular hanya saja penderitanya menjalar dari kota sampai pelosok desa. Stroke merupakan penyakit yang diakibatkan karena tidak berfungsinya jaringan otak. Sepertinya pola hiduplah yang menjadi faktor utama penyebab terjangkitnya penyakit stroke.
    Kalau kita tanyakan ke orang tua yang hidup di era awal tahun 2000an, saya rasa penderita penyakit stroke masih tertinggi di derita warga kota. Now, kalau kita ke kampung saja rasanya pernah mendengar seseorang warga desa yang terkena penyakit stroke. Apa si yang menyebabkan pola hidup pedesaan bergeser?.
    2. Diabetes.
    Diabetes sepertinya momok penyakit yang menakutkan bagi siapa pun juga. Diabetes atau sering di kenal juga dengan penyakit kencing manis bukanlah penyakit menular namun penderitanya makin menyebar saja. 
    Meskipun diabetes bukanlah penyakit menular tapi tingkat kematiannya cukup tinggi. Hal tersebut membuat kita harus mulai bersosialisasi tentang gaya hidup dan pola hidup sehat. Pada umumnya, penderita diabetes disebabkan karena pola hidup tidak sehat.
    Pola hidup tidak sehat meliputi makan yang tidak teratur, begadang, tidak adanya aktivitas olahraga yang cukup dan lain sebagainya. Gaya hidup tidak sehat lebih menekankan pada tidak tertata dengan baik rutinitas sehari-hari plus kegiatan yang dilakukan di jam-jam malam.
    3. Kanker
    Kanker bukanlah penyakit baru di Indonesia hanya memang menjalar/merata sampai ujung pelosok desa. Tidak, penyakit kanker bukanlah penyakit menular melainkan lebih karena pola hidup tidak sehat.
    Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pergeseran pola hidup warga masyarakat pedesaan. Media sosial memegang pengaruh terbesar dalam merubah pola hidup masyarakat. Suka atau tidak memang faktanya banyak masyarakat yang tidak bisa lepas dari gadget.


    No comments