Header Ads

  • Info Terkini

    Jangan Keliru Tentang Asam Urat

    asam urat
    Alamak sendi-sendi aku ngilu, mudah keram sakit rasanya semua persendiaan. Katanya aku terkena asam urat.
    Asam urat sepertinya sering terjangkit pada usia 40 ke atas meskipun itu bukanlah data otentik namun faktanya penderita asam urat adalah usia 40 tahun ke atas.
    Yang masih muda bukan berarti tidak akan terjangkit asam urat ya. Asam urat itu merupakan penyakit karena kegagalan ginjal mengeluarkan kristal asam urat.

    Asam Urat Itu Apaan siehh

    Asam urat sudah familiar di masyarakat, apa pun yang terkait dengan sendi yang ngilu itu adalah asam urat, benar ga si?.
    Perlu di ingat bahwa Asam urat itu diperlukan dalam tubuh dengan kadar normal plasma darah. Kelebihan dan kekurangan asam urat dalam plasma darah adalah indikasi adanya gangguan penyakit. 
    Pada manusia, asam urat merupakan produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purine, sebab tidak adanya enzim urikase yang mengubah asam urat menjadi alantoin.

    Penyakit Asam Urat

    Pada intinya, penyakit asam urat berkaitan erat dengan zat purin yang merupakan sisa metabolisme makanan dalam tubuh. Purin itu sendiri merupakan zat yang terkandung dari bahan makanan yang di konsumsi manusia.  Eng ing eng.
    Makin bingung ya asam urat itu, bisa perlu bisa juga tapi yang pasti asam urat itu pasti ada dalam setiap tubuh manusia. Ya ya kan setiap bahan makanan yang kita konsumsi itu mengandung purin, jika mampu mengurai purin secara normal ya ga bakalan jadi penyakit asam urat.

    Tips Bagi Penderita Asam Urat

    Inilah tips bagi penderita penyakit asam urat supaya tidak bertambah atau mengurangi laju derita yaitu :
    1. Jangan makanan yang di goreng dengan menggunakan mentega.
    2. Jangan makan yang bersantan.
    3. Jangan makan jeroan.
    4. Jangan makan seafood.
    5. Kadar asam urat akan cepat naik bila terjadi penambahan berat badan. Olahraga yang rutin untuk menjaga berat badan ideal.
    6. Banyak minum air putih.
    7. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi dan singkong.
    8. Perbanyak konsumsi buah yang banyak mengandung Vitamin C seperti jeruk, strawbery dan pepaya.
    9. Perbanyak konsumsi yang banyak mengandung potasium tinggi seperti tomat, kentang, yogurt dan pisang.

    Asam urat itu meskipun bukan penyakit menular dan berbahaya akan tetapi penyakit yang mudah sekali menjangkiti siapapun juga. Faktor makanan yang tidak terjaga menjadi pemicu berlebihnya purin sehingga sulit untuk di urai.

    No comments