Header Ads

  • Info Terkini

    Manfaat Konsumsi Bayam Bagi Sel Darah Merah

    Apa yang anda ingat dari Popeye? yuhuuu pasti bayam. Popeye tidak pernah lepas dengan konsumsi bayam untuk meningkatkan kekuatan ototnya. Itu cerita fiksi dalam kartun, bagaimana dengan realita yang sebenarnya tentang bayam?
    Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki warna lebih gelap. Bayam ini mudah di jumpai diberbagai daerah. Taste yang unik dengan berasa serat-seratnya membuat bayam banyak di gandrungi sebagai makanan favorit. Cara pengolahan bayam pun sangat sederhana yaitu bisa dijadikan sayur maupun lalapan.

    Apa Saja Nutrisi Pada Bayam

    Bayam sebagai jenis sayuran tentu memiliki nutrisi yang hampir sama dengan jenis sayuran lainnya. Yang membedakan kandungan nutrisi bayam dengan sayuran lainnya terletak pada kandungan besi(Fe). 
    Kandungan zat besi pada bayam sangat diperlukan untuk menunjang sel darah merah. Seperti sayuran lainnya bayam pun mengandung serat yang tinggi yang membantu dalam proses pencernaan.

    Manfaat Konsumsi Bayam

    Konsumsi bayam secara teratur akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain :
    1. Kandungan serat pada bayam akan bermanfaat guna menurunkan tingkat lapar. Dengan begitu bayam cocok sebagai makanan diet karena mampu menahan lapar.
    2. Kandungan Vitaman K yang tinggi pada bayam membuat makan bayam bagus untuk mengatasi atau menurunkan laju pengeroposan tulang.
    3. Kandungan zat besi yang tinggi pada sayur bayam bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin darah dalam mengikat oksigen. So, bayam bagus untuk penderita anemia.
    4. Meningkatkan kesehatan mata karena bayam itu sendiri mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.
    5. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui, bayam mengandung asam folat yang tinggi. Salah satu fungsi asam folat adalah mengurangi homosistein.
    6. Mengurangi resiko terkena diabetes. Oleh karena bayam memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga konsumsi bayam mampu menahan rasa lapar. So, tubuh akan lebih mudah mengatur asupan gula darah.

    Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanaskan

    Inilah penyebab mengapa sayur bayam tidak boleh diangetkan/dipanaskan setelah dimasak yaitu :
    1. Zat besi pada ayam akan berubah menjadi racun ketika terjadi pemanasan.
    2. Kadar nitrit yang terdapat pada bayam akan meningkat jika dipanaskan sehingga akan berinteraksi dengan zat besi yang akan menghambat penyerapan oksigen dalam sel darah.
    Bayam memang jenis sayuran yang tinggi nilai gizi namun harap diperhatikan dalam proses pengolahannya. Sayur bayam yang di masak dengan terlalu lama akan menurunkan kandungan gizi bayam itu sendiri. Jangan lakukan pemanasan kembali pada sayur bayam sudah matang itu akan berakibat fatal pada kesehatan anda.

    No comments