Header Ads

  • Info Terkini

    Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sikat Gigi

    sakit gigi

    Salam jumpa sobat sehat ala selebritis. Sikat gigi? ah dwah biasa kali : sehari kita harus 2 kali sikat gigi kan. Tul betul betul, tapi ada hal yang jauh lebih penting ketimbang rutinitas sikat gigi doang. Yupz sikat gigi itu harus benar loh, salah-salah bisa merusak gigi dan merusak ekosistem di mulut, Eta terangkanlah.
    Jadi begini sob, mulut yang kita ketahui kan pada umumnya cuman ada lidah, gigi dan air liur. Jika kita sikat gigi berarti ada sesuatu yang harus terkena dampak semisal lidah maupun produksi air liur. Lidah bisa aja luka terus hilang dweh rasa taste dari makanan, tapi ada yang lebih jauh dari itu yaitu enzim.

    Mengenal Lebih Jauh Tentang Mulut

    Mulutmu adalah harimaumu, wew bukan itu sob. Mulut secara biologi maupun mikrobiologi adalah sebuah ekosistem bagi mikroorganisme seperti bakteri dan ada juga enzim yang berpengaruh pada proses pencernaan.
    Bakteri dalam mulut muncul akibat tidak terawatnya mulut. Salah satu perawatan mulut adalah dengan sikat gigi. Sikat gigi selain menjaga kesehatan dari gangguan bakeri tapi juga membuat kita percaya diri. Bayangin aja kalau ngobrol terus mulut kita bau hohoo, tengsin kalee.
    Mulut juga mengandung enzim yang membantu pada proses pencernaan makanaan. Seperti yang kita ketahui, mulut adalah alat pencernaan pertama dalam sistem pencernaan. Nah, enzim yang tersedia dalam mulut adalah enzim ptyalin.
    Enzim ptyalin adalah enzim yang mengubah amilum menjadi maltose. Duh berat banget si!! singkatnya gini, makanan yang mengandung karbohidrat dengan glukosa tinggi tidak akan berasa manis jika tidak ada enzim yang membantu proses penguaraian. So, ada sedikit bayangan ya sob, kalau mulut kita menyediakan enzim yang membantu proses pencernaan.

    Pengaruh Sikat Gigi Pada Kesehatan Mulut

    Sikat gigi yang benar akan membuat sehat gigi dan mulut tetap terjaga dari mikroorganisme yang mengancam proses pencernaan. Sikat gigi itukan pakai pasta gigi. Nah pasta gigi itu mengandung bahan kimia yang jika digunakan berlebihan bisa merusak ekosistem mulut.
    Sikat gigi memiliki dampak positif yaitu akan menjaga kesehatan gigi dengan melindungi dari bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan menguning.
    Sikat gigi memiliki dampak negatif yaitu akan menghilangkan enzim yang membantu dalam proses pencernaan yaitu enzim ptyalin.
    Kenapa ya sikat gigi harus memakai pasta gigi? apa saja yang terkandung dalam pasta gigi itu?. Tenang sob, di artikel berikutnya kita akan membahas kandungan pada pasta gigi. Jangan lupa subscribe ya biar mendapatkan postingan terbaru tanpa ribet.




    No comments